Police Goes to School Polres Balangan; Edukasi Dini Keamanan Lalu Lintas di SDN Harapan Baru

Kegiatan Police Goes to School oleh Satlantas Polres Balangan di SDN Harapan Baru, Kecamatan Paringin, Balangan. Foto: Windi/lenterakalimantan.com
Kegiatan Police Goes to School oleh Satlantas Polres Balangan di SDN Harapan Baru, Kecamatan Paringin, Balangan. Foto: Windi/lenterakalimantan.com

lenterakalimantan.com, PARINGIN – Jajaran Satlantas Polres Balangan mendatangi SDN Harapan Baru di Kecamatan Paringin Selatan, Selasa (28/5/2024).

Kedatangan jajaran Satlantas Polres Balangan itu untuk memberikan edukasi tentang keamanan berlalu lintas bagi pelajar tingkat sekolah dasar, melalui sebuah program Police Goes to School.

Bacaan Lainnya

Kasat Lantas Polres Balangan, Iptu Simon Jumadi mengatakan, pihaknya secara aktif menjalankan program yang sudah berjalan beberapa tahun belakangan, dengan menyesuaikan agenda yang sudah terjadwal.

“Kami sudah menjadwal beberapa sekolah, salah satunya yakni SDN Harapan Baru di Kecamatan Paringin, dengan maksud dan tujuan yaitu untuk memberikan pemahaman bagi siswa-siswi sekolah dasar tentang aturan berlalu lintas,” katanya.

Menurut Iptu Simon, pihaknya memberikan pengetahuan tentang aturan berkendara merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena pedoman dan petunjuk keselamatan tidak boleh diabaikan.

“Siswa-siswi diajarkan pengetahuan tentang aturan berkendara, utamanya kewajiban menggunakan helm saat melakukan aktivitas berkendara untuk menjaga keamanan,” ujar Iptu Simon.

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, melalui Kasi Humas Iptu Eko Budi Mulyono menerangkan, program Police Goes to School menyasar sekolah yang ada di Balangan, baik itu tingkat dasar, hingga menengah atas.

Iptu Eko menerangkan, meski pelajar belum diperbolehkan untuk membawa kendaraan sendiri, para siswa tetap mendapat edukasi dini tentang keamanan dalam berkendara dan diinformasikan aturan tentang kewajiban memiliki surat izin mengemudi yang hanya bisa didapat saat berusia 17 tahun.

“Police Goes to School merupakan bentuk edukasi dini kepada pelajar untuk keamanan dan ketertiban dalam berkendara dan berlalu lintas, sekaligus secara tidak langsung mengimbau mereka agar tidak berkendara sebelum waktunya,” terang Iptu Eko.

Program ini, sebagai salah satu upaya Polri, khususnya Satlantas Polres Balangan untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Balangan.

Pada kesempatan yang sama, para siswa yang aktif bertanya dan berinteraksi dengan personel Satlantas Polres Balangan yang menjadi narasumber kegiatan, mendapatkan helm secara gratis sebagai hadiah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *