Tangguh dalam Bencana, BPBD Balangan Cetak TP PKK Juai Jadi Katana

Salah satu kader TP PKK Kecamatan Juai, saat melakukan simulasi memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (Apar) di halaman Aula Kecamatan Juai. Foto: BPBD Balangan
Salah satu kader TP PKK Kecamatan Juai, saat melakukan simulasi memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (Apar) di halaman Aula Kecamatan Juai. Foto: BPBD Balangan

lenterakalimantan.com, PARINGIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan melakukan manuver dengan mengincar TP PKK Kecamatan Juai sebagai target operasi menempa Katana (Keluarga Tangguh Bencana), Kamis (30/5/2024).

Melalui usaha dan upaya untuk meningkatkan ketangguhan dan keamanan masyarakat pada kebencanaan, pemerintah daerah melalui BPBD Balangan secara agresif melakukan sosialisasi program keluarga tangguh bencana.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, Jumaidil Hairi, mengatakan bahwa untuk menangani dan menanggulangi yang namanya musibah, perlu adanya pengetahuan dan wawasan mengenai kebakaran maupun kebencanaan.

“Keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat, di mana keluarga merupakan sektor penting dalam membangun lingkungan sosial masyarakat, begitu juga dengan penanggulangan bencana, tentunya pengetahuan dan wawasan akan kita tempa dan itu dimulai dari sebuah keluarga maupun lingkungan,” katanya.

Ia juga menambahkan, kegiatan ini menyasar kepada ibu-ibu TP PKK Juai, penanaman pengetahuan dapat mengurangi faktor resiko terjadinya bencana, melalui kegiatan sosialisasi ini segala pengetahuan dan juga pemahaman dapat kita berikan.

“Dari kegiatan sosialisasi akan kita jelaskan, dari simulasi akan kita ajarkan, melalui kombinasi ini secara teori dan praktek akan memberikan kemudahan bagi para peserta untuk memahami dan mencerna segala faktor resiko bencana, pada fase awal pencegahan, serta fase kesiapsiagaan saat terjadi situasi darurat bencana,” tambahnya.

Kader PKK juga dapat berperan aktif dalam proses pengawasan, sekaligus menjadi aktor utama untuk proses penanganan awal dalam kesiapsiagaan penanggulangan jika terjadi bencana di lingkungan rumah tangga.

“Fungsi kegiatan ini merupakan tindak lanjut BPBD Balangan dalam urusan penanggulangan bencana dan kebakaran di wilayah Kabupaten Balanan, pada fase pencegahan dan kesiapsiagaan,” tandas Jumaidil Hairi.

Hal yang paling mendasar yakni memberdayakan peran wanita dalam musibah bencana dan kebakaran, dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader PKK di Kabupaten Balangan.

Melalui budaya sadar bencana, teknis pengurangan resiko bencana dan kesiapsiagaan saat menghadapi situasi darurat bencana dan kebakaran, tentunya hal ini tidak lepas dari program dan inovasi Wasit Kebenaran (wanita siaga, tanggap, kuat dan edukatif terhadap bencana dan kebakaran) sesuai dengan visi-misi Bupati Balangan Abdul Hadi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *