Dispersip Kalsel Berikan Pembinaan Bagi Pengelola Perpustakaan Sekolah dan Desa Se-Balangan

Dispersip Kalsel saat memberikan arahan dalam pembinaan pengelola perpustakaan sekolah dan desa se-Kabupatem Balangan di Aula Benteng Tundakan, Paringin, Kamis (20/6/2024). Foto: Dispersip Balangan
Dispersip Kalsel saat memberikan arahan dalam pembinaan pengelola perpustakaan sekolah dan desa se-Kabupatem Balangan di Aula Benteng Tundakan, Paringin, Kamis (20/6/2024). Foto: Dispersip Balangan

lenterakalimantan.com, PARINGIN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) lakukan pembinaan bagi pengelola perpustakaan sekolah dan desa se-Kabupaten Balangan, di Aula Benteng Tundakan, Paringin, Kamis (20/6/2024).

Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie mengungkapkan, kegiatan ini menitikberatkan pada peningkatan pengetahuan serta wawasan bagi para pengelola perpustakaan, terkait standar untuk bisa mengikuti akreditasi.

Bacaan Lainnya

“Untuk mengikuti akreditasi, para pengelola harus mengetahui betul tentang tata cara pengisian formulir yang terbagi dalam 9 komponen, diantaranya yakni memiliki koleksi buku 1.000 judul serta memiliki Nomor Pokok Perpustakaan (NPP), hal ini mengacu pada UU nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan,” jelasnya.

Dia menambahkan, selain mempunyai gedung perpustakaan, nilai dari indikator kunci, skor maupun bobot penilaian merupakan bagian oentung yang tidak bisa dipisahkan untuk meraih akreditasi perpustakaan.

“Hal-hal penting lainnya juga perlu diperhatikan, dari rangkaian pembinaan ini, segala pengetahuan yang didapat bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembenahan-pembenahan yang dianggap perlu untuk ditingkatkan pada perpustakaan yang ada di sekolah maupun di desa,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dispersip Balangan Rody Rahmadi Noor, menyampaikan bahwa, pihaknya merasa senang atas kegiatan ini, terlebih dihadiri Kepala Dispersip Kalsel yang memberikan sambutan dan arahan, hingga bantuan untuk meminjamkan sepeda motor trail untuk melayani para pemustaka di pelosok-pelosok desa, yang tidak bisa dijangkau dengan roda 4.

“Setelah ini, kami akan berupaya semaksimal mungkin meningkatkan minat baca dikalangan masyarakat, serta memenuhi Standar Perpustakaan Nasional,” ucapnya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 orang peserta, terdiri dari pengelola perpustakaan sekolah dan desa di Kabupaten Balangan. Bumi Sanggam merupakan daerah ke-13 kabupaten/kota yang mendapatkan pembinaan dari Dispersip Kalsel.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *