Paman Birin Resmi Tutup Kejurnas Pencak Silat PPLP/SKO, Kalsel Raih Juara Umum

Foto : M. Rezky Maulidja

lenterakalimantan.com, BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin secara resmi menutup acara Kejuaraan Nasional (Kejurjas) Pencak Silat antar PPLP/PPLP dan SKO se-Indonesia Tahun 2024 di Gelanggang Olah Raga (GOR) Gelora Paman Birin Banjarbaru pada Jum’at (31/5) siang.

Kegiatan itu turut dihadiri oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI Surono, Tenaga Ahli Gubernur Rizal Akbar, Komandan Kodim 1006/Bjr Letkol Kav Zulkifer dan jajaran pelatih, juri, official serta hadirin dari atlet daerah se-Indonesia

Bacaan Lainnya

Sederet atlet siap berada di areal penutupan menghadap panggung utama. Pada penutupan itu, Paman Birin memukul alat Gong sebagai tanda berakhirnya kejurnas.

Istimewanya lagi, pada Kejurnas PPLP/SKO se-Indonesia ini, diumumkan kontingen Kalimantan Selatan mampu meraih juara umum dengan Raihan 4 medali emas, 5 medali perak serta 10 medali perunggu.

Sedangkan untuk karateka terbaik diraih oleh atlet putra  Muhammad Sandi Ananda dari PPLP Kalsel dan atlet putri Ni Putu Fany Aria Lestari dari PPLP Bali. Paman Birin langsung menyerahkan sebuah piagam penghargaan, boneka maskot bekantan dan medali emas Kejurnas Pencak Silat Tahun 2024.

Pada sambutan penutupan, Gubernur Paman Birin turut membakar semangat para atlet dengan suara lantang.

“Salam olahraga jaya. Bergerak, yes,” seru Paman Birin kepada sejumlah atlet pelajar seraya mengikuti.

Dalam kesempatan itu, Paman Birin memohon maaf jika ada kekurangan yang diberikan selama pertandingan Kejurnas Pencak Silat 2024 di Kalsel Babussalam. Baik itu pelayanan panitia, fasilitas dan sebagainya, dirinya terus melakukan perbaikan untuk kemajuan olahraga di Banua.

“GOR Gelora Paman Birin ini nantinya akan mencetak para atlet daerah di Kalsel. Terus kita berkomitmen dan bersinergi dengan lembaga terkait agar meningkatkan bidang keolahragaan ini,” ungkap Paman Birin.

Selain itu, Paman Birin juga mengucapkan selamat atas peraihan yang ditorehkan oleh atlet-atlet terbaik di Indonesia untuk berlaga dalam Kejurnas tahun ini. Dirinya berharap agar atlet pencak silat dapat meraih prestasi ditingkat lebih tinggi lagi di kancah nasional dan internasional.

Adapun Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI, Surono juga mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Kalsel khususnya Gubernur Paman Birin atas pelayanan yang diberikan selama kejurnas berlangsung.

Surono juga menyebut, GOR Gelora Paman Birin ini sangat istimewa dan kondisinya baik sekali.

“Kami ucapkan terimakasih. Pelayanan luar biasa dan maksimal dari Pemprov Kalsel dan Gubernur Paman Birin. Apalagi, kejurnas ini dilaksanakan di GOR yang baru dan sangat layak untuk event nasional. Terimakasih Bapak Gubernur Paman Birin,” kata Surono.

Surono juga menyebut, potensial para atlet pencak silat ini nantinya   akan dipersiapkan dalam Sea Games 2025. Apalagi, para atlet daerah ini sangat muda sekali maka mudah untuk dilatih lagi.

Surono melihat potensi atlet daerah sangat menjanjikan untuk berlaga di ajang olimpiade atau event di tingkat Internasional.
Untuk sejumlah kontingen antar daerah, ia menilai para atlet telah berusaha semaksimal mungkin berlaga dalam pertandingan pencak silat selama 5 hari tersebut.

Menurutnya, peraih juara nanti harus dapat meningkatkan latihannya agar menjadi atlet nasional. Surono berkeyakinan, atlet pencak silat yang berlaga hari ini akan jadi bagian kontingen di SEA Games 2025 mendatang.

“Seluruh atlet daerah di Indonesia. Mari tingkatkan latihannya biar dipersiapkan di ajang selanjutnya. Kalian sungguh luar biasa,” tandasnya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *