Hijaukan Tapin, H Syafrudin Noor Tanam 200 Pohon Bungur

lenterakalimantan.com, RANTAU – Memperingati hari lingkungan hidup sedunia, Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor beserta jajaran Forkopimda Tapin, Jumat (11/06/2021) menggelar kegiatan tanam 20 pohon Bungur di Bantaran Sungai Desa Masta, Kecamatan Barangan.

Wabup Syafrudin Noor, menuturkan masalah lingkungan tentu harus menjadi perhatian bersama, dimana kasus pencemaran dan kerusakan lingkungan yang terjadi telah membuktikan terjadinya degredasi lingkungan.

“Ini menunjukkan perlu adanya komitmen dan kesadaran semua pihak untuk menerapkan dan menjalankan prinsip – prinsip pengelolaan lingkungan. Dan tentunya pemerintah Kabupaten Tapin memiliki prinsip itu,” kata Syafrudin Noor dalam acara tanam pohon memperingati hari lingkungan hidup se dunia.

Seperti, pendidikan lingkungan hidup menjadi salah satu upaya untuk mengoptimalkan peran masyarakat dalam mengatasi masalah lingkungan. Dengan cara merubah perilaku dan sikap berbagai elemen masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran tentang nilai dan isu permasalahan lingkung.

Melalui pendidikan itu pula dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

Syafrudin Noor mengajak seluruh elemen masyarakat agar dapat berpartisipasi aktif dalam pengelolaan lingkungan bersama pemerintah dalam program rehabilitasi dan penghijauan.

Sekali lagi urusan pelestarian lingkungan bukanlan masalah kecil karena itu menyangkut keberlangsungan hidup masa depan genarasi yang akan datang. “Karena disaat kita menanam pohon disaat itu juga kita telah menanam doa dan harapan serta kerja keras kita semua untuk generasi mendatang.” Paparnya.

Ia berharap, kegiatan penanaman pohon ini dapat dilakukan diberbagai tempat agar kelestarian alam kita selalu terjaga. Tidak hanya menanam pohon kita juga ingin sungai – sungai kita tetap dijaga kebersihannya,” tambahnya.

Acara tanam pohon turut dihadiri para Asisten, Staf Ahli, perwakilan perusahaan tambang, komunitas pecinta lingkungan, duta lingkungan hidup Kab. Tapin serta dihadiri anggota Koramil dan Polsek Bungur serta jajaran dinas Lingkungan Hidup Kab.Tapin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.