TMMD Ke 111 Di Tapin Resmi Dibuka

lenterakalimantan.com, RANTAU – Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 111 di Kabupaten Tapin secara resmi dibuka oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM dengan dihadiri oleh Kasrem 101/Antasari Kolonel Inf M Sujono, Selasa (15/06/2021) bertempat di Aula Sekretariat Setda Tapin.

Arifin Arpan, dalam sambutannya, mengatakan TMMD mempunyai tujuan pembangunan fisik dan nonfisik dalam rangka membangun prekonomian masyarakat di Kabupaten Tapin.

Oleh karenanya, TMMD menjadi salah satu wujud operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral bersama dengan pemerintah daerah, serta komponen masyarakat guna memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Ia bilang, tugas yang mulia ini harus dilaksanakan dengan optimal, sebagai langkah nyata untuk menciptakan keterpaduan antara masyarakat, sipil dan aparat.

Kita tentunya juga berharap kepada masyarakat Kabupaten Tapin, supaya bisa berperan aktif dalam melaksanakan program kegiatan ini, sehingga tujuan yang telah disebutkan diatas dapat tercapai.

“Ini bukan untuk kepentingan TNI, bukan untuk kepentingan Polri dan juga bukan untuk kepentingan pemerintah daerah maupun lembaga tetapi ini murni untuk kepentingan masyarakat,” kata Bupati dalam sambutannya.

TMMD, memiliki sasaran fisik berupa bantuan / perbaikan pembangunan gedung sedangkan sasaran kegiatan non fisik diantaranya adalah penyuluhan / sosialisasi antara lain peran UMKN, Bahaya Narkoba, penyuluhan gizi, stunting dan teknik kebun, teknik budidaya hewan ternak hingga bakti sosial berupa pengobatan gratis, sunatan massal, donor darah dan pembagian sembako.

Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah menguatkan kemanunggalan antara masyarakat dan aparat negara, yang mana TMMD sebagai salah satu sarana bentuk pengabdian yang mengacu pada kesederhanaan, kebersamaan dan koordinasi lintas sektor untuk peningkatan kondisi masyarakat baik secara ekonomi, sosial maupun kultural.

Acara pembukaan turut dihadiri Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor, Ketua DPRD Tapin H Yamani, Sekda Tapin H Masyraniansyah, Kapolres Tapin AKPB Pipit Subiyanto SIK, Dandim 1010 Rantau Letkol Inf Andi Sinrang serta jajaran Forkopimda Tapin bersama para asisten, staf ahli bupati dan pimpinan SOPD dilingkungan Pemkab.Tapin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.