Tekan Penyebaran Covid19 IDI Tala Usulkan Satgas Sampai ke Tingkat RT

Tekan Penyebaran Covid19 IDI Tala Usulkan Satgas Sampai ke Tingkat RT
Tekan Penyebaran Covid19 IDI Tala Usulkan Satgas Sampai ke Tingkat RT

lenterakalimantan.com, PELAIHARI – Ikatan Dokter Indonesia (IDI)  Cabang Kabupaten Tanah Laut , mengajak kepada masyarakat agar selalu periksakan diri jika menemukan keluhan yang mengarah ke Covid-19. 

Semakin cepat periksakan diri semakin bagus responnya dan diberikan pengobatan lebih baik.

“Masyarakat harus bisa merubah paradigmanya sendiri kalau kena Covid-19 jangan disamakan dengan aib, ” kata 

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tanah Laut, dr. Sigit P. Kurniawan kepada media ini. Senin ( 09/8/2021)

Dokter spesialis penyakit dalam itu mengatakan, yang terpenting saat ini pengawasan untuk pasien Covid-19 yang sedang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman). 

Pihaknya menerima informasi dari rekan rekannya ada pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri (Isoman)  masih saja berkeliaran.

Makanya, IDI sudah membuat usulan membentuk satgas sampai tingkat RT dan mempunyai peta data pasien yang positif Covid-19.  Di Masing-masing rumah, masyarakat yang  menjalani Isolasi Mandiri  terkonfirmasi Covid-19 agar dipasang stiker biar terpantau dan saling mengingatkan. “Seperti ini sudah ada di daerah Semarang Jawa Tengah sudah terbentuk namanya  Isoman Iso,” ungkapnya.

Ia bilang, pasien Covid-19 yang sedang melaksanakan Isoman harus  di monitoring oleh  dokter dari puskesmas dan pihak pemerintah sendiri harus menjamin keperluan pasien Isoman seperti obat – obatan.

“Biasanya pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri (Isoman) itu sepuluh hari. Pihak pemerintah harus menyiapkan paket untuk kebutuhan pasien Isoman itu dan tidak ada alasan untuk pasien mencari obat ke luar, “jelasnya

Sigit, berharap kepada pihakĀ  Desa yang sudah diberi instruksi oleh Bupati Tanah Laut, bisa menjalankan pemantauan sampai tingkat bawah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.