Bupati Sukamta Optimis Dua Minggu Kedepan PPKM Tala Turun ke Level 2

komunikasi Virtual dengan Mednko Perekonomian Airlangga Hartarto, Bupati Tala Optimis Tala Bisa Turun Level 2
komunikasi Virtual dengan Mednko Perekonomian Airlangga Hartarto, Bupati Tala Optimis Tala Bisa Turun Level 2

lenterakalimantan.com, PELAIHARI – Perkembangan covid-19 di Kabupaten Tanah Laut, mengalami perbaikan. Kabar ini membuat status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 4 di Bumi Tuntung Pandang ini turun menjadi level 3.

Pemerintah setempat langsung merespon pengumuman dari Pemerintah pusat melalui Menko Perekonomian (Airlangga Hartarto).

Bacaan Lainnya

Bupati Tanah Laut HM Sukamta mengatakan turunnya level PPKM di Tala dari level 4 ke PPKM level 3 maka dua minggu kedepan target kami bisa masuk level 2.

“Sesuai dengan pengumuman Kemenko (Airlangga Hartarto) bawa Tanah Laut sudah keluar dari Level 4 dan masuk ke PPKM level 3, Maka minggu kedepan segera merumuskan kebijakannya agar masuk ke level 2,”ujar Sukamta, Rabu (8/9).

Bahkan sebut Sukamta secara garis besar sudah memberikan arahan bahwa dalam 2 minggu kedepan meminta Satgas Kabupaten segera merumuskan kebijakan nya langkah-langkah strategis untuk berusaha kita masuk ke level 2.

Karena ada dua kriteria utama untuk masuk level 2 di mana adalah menyangkut masalah transmisi virus dan responsif. Dimana transmisi adalah menyangkut masalah positivity rate (jumlah kasus positif covid-19).

Kalau kita mau dua artinya nanti paling banyak ya dalam satu minggu kasus positif kita sekitar 175 kasus positif baru kemudian angka kematian kita maksimal dalam satu minggu 6.

Kemudian Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian kamar di Rumah Sakit harus dibawah 20 persen. “Angka kesembuhan kita harus diatas 90 persen,”kata Sukamta.

Ia bilang Itu adalah menyangkut respon bagaimana melakukan proses penyembuhan bagaimana menurunkan Bor di Rumah Sakit dan menekan angka kematian.

“Itu di sisi respon memadai, transmisi boleh kita lebih tetapi respon harus memadai, misal seperti itu. Atau transmisi ada turun tapi respon sedang. Misal seperti itu atau respon tetap, tapi transmisi harus rendah jadi ada tiga Pilihan. Itu menyangkut 3 T, sekaligus pembatasan sosialnya,”tambahnya.

Ketika dua hari ini kita kolaborasikan maka, “Saya punya keyakinan bahwa kita bisa untuk menekan kasus positif kita maksimal 175 per minggunya. Kalau BOR kita saya kira sudah sangat turun di rumah sakit,”terangnya.

Bahkan Angka kesembuhan sudah semakin naik diatas 90 kemudian nanti tinggal T3 saja lakukan.

Target kita perhari 500 testing dan nanti akan dirumuskan kembali bersama satgas Kabupaten dan Kecamatan sehingga setengah bulan kemudian nanti bisa masuk level 2.

“Kalau satu minggu ini kasus positif bisa 175, maka saya yakin kita bisa masuk ke level 2. Ini yang saya tekankan pada satgas kabupaten dan kecamatan,”tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.