Anang Syakhfiani Sandang Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan Dengan IPK 3,84

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani resmi menyandang gelar doktor ilmu pemerintahan.
Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani resmi menyandang gelar doktor ilmu pemerintahan.

lenterakalimantan.com, TANJUNG – Sah, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani resmi menyandang gelar doktor ilmu pemerintahan. Dalam sidang promosi doktor ilmu pemerintahan pada program pascasarjana di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jakarta.

Anang Syakhfiani memperoleh gelar doktor ilmu pemerintahan usai mempertahankan disertasi berjudul Analisis Implementasi Kebijakan Gerbang Emas “Bersinar” dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Bacaan Lainnya

Diuji dalam sidang terbuka promosi doktor ilmu pemerintahan di Gedung Pascasarjana IPDN Kampus Cilandak, Jakarta, Senin (1/11/2021).

Di hadapan tim penguji terdiri dari ketua tim promotor Prof Dr H Khasan Effendy, guru besar ilmu administrasi serta Rektor IPDN Dr Hadi Prabowo sebagai ketua sidang, Anang Syakhfiani berhasil mempertahankan disertasi.

Bupati Tabalong dua periode ini dinyatakan lulus S3 dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,84 dengan predikat sangat memuaskan.

Sekedar untuk diketahui, sebelum ke jenjang S3, gelar sarjana/doktorandus (Drs) diperoleh Anang Syakhfiani dari Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) pada 1984.

Sedangkan, gelar master of sains (M.Si) dirai kampus Universitas Merdeka Malang pada 2002.

Dalam disertasinya itu, Anang Syakhfiani menjabarkan kebijakan Gerbang Emas “Bersinar” adalah sebuah model keterpaduan perencanaan yang didalam upaya atau ikhtiar mewujudkan hubungan kolaborasi dan hubungan sinergis antara pemerintah, masyarakat dan sektor privat.

“Tujuan Gerbang Emas “Bersinar” itu sendiri adalah salah satu diantaranya meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM). Untuk melaksanakan kebijakan ini, diterbitkan peraturan daerah, kemudian peraturan bupati, dan program-program dari kegiatan Gerbang Emas Bersinar,” beber Anang di hadapan para penguji dilansir dari Kanal Youtube prodi doktor IPDN.

Dia pun mengucapkan terima kasih atas gelar doktor yang telah disandangnya kepada Rektor IPDN yang telah memberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan S3 di kampus itu. Termasuk, Direktur IPDN, Ketua Prodi, dan jajaran dosen yang telah memberikan bimbingan.

“Walaupun kami sudah termasuk kelompok lansia. Alhamdulillah dalam hal diskusi dan lainnya, bapak dan ibu dosen selalu memberikan ruang kepada kami,” ucap Anang Syakhfiani.

Anang Syakhfiani mengawal jabatan sebagai Kepala Bagian Humas Setwilda Tingkat II Barito Kuala (1989-1994).

Kemudian, Kepala Bagian Perekonomian Setwilda Tingkat II Barito Kuala (1994-1998), Asisten II Tingkat II Barito Kuala (1998-2000), Asisten II Tingkat II Kabupaten Tabalong (2000-2001), Kepala Bappeda Kabupaten Tabalong (2001-2005).

Selanjutnya Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Tabalong (2007-2007), Kepala Dinas Tata Kota dan Kebersihan Kabupaten Tabalong (2007-2008) dan terakhir Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Pedesaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.