Tingkatkan Transformasi Sistem Pelayanan Melalui Rakernis, Dinkes Kapuas: Menyusun Langkah-langkah Strategis di 2023

Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas saat mengelar rapat kerja teknis dalam meningkatkan transformasi sistem pelayanan kesehatan menuju Kapuas sehat. Dihotel Forever Jalan Pemuda, Kuala Kapuas, Rabu (1/2/2023).
Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas saat mengelar rapat kerja teknis dalam meningkatkan transformasi sistem pelayanan kesehatan menuju Kapuas sehat. Dihotel Forever Jalan Pemuda, Kuala Kapuas, Rabu (1/2/2023).

lenterakalimantan.com, KUALA KAPUAS – Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas mengelar rapat kerja teknis dalam meningkatkan transformasi sistem pelayanan kesehatan menuju Kapuas sehat. Acara yang digelar selama dua hari tersebut dilaksanakan di Hotel Forever Jalan Pemuda, Kuala Kapuas, Rabu (1/2/2023).

Dalam sambutannya Bupati Kapuas yang diwakili oleh oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs.Salman yang juga sekaligus membuka acara secara resmi ini, memberikan dukungan penuh atas pelaksanaan transformasi Kesehatan di Kabupaten Kapuas. Pihaknya berharap, agar system Kesehatan di Indonesia khususnya Kabupaten Kapuas menjadi lebih kuat, lebih baik dan menjangkau seluruh masyarakat dalam pelayanan yang lebih baik.

Bacaan Lainnya

Pada acara pembukaan ini Plt.Kepala Dinas Kesehatan dr.Tonun Irawaty Panjaitan memberikan sambutan dan penyampaian kaleidoskop Dinas Kesehatan tentang Arah Kebijakan, Sasaran, Tujuan Dan Target Dinas Kesehatan kabupaten Kapuas Untuk Menuju Kapuas Sehat.

“Dalam undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah menyebutkan bahwa kesehatan adalah satu dari enam urusan concurrent (bersama) yang bersifat wajib dan terkait dengan pelayanan kesehatan dasar yang dapat diukur dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM),” bebernya.

Sehubungan dengan upaya pencapaian SPM bidang kesehatan, Dinas Kesehatan beserta puskesmas dengan jaringannya telah melakukan langkah-langkah terobosan melalui penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan dan target SPM ini harus dicapai 100 persen.

Atas hal tersebut, Dinas Kesehatan Kapuas menyelenggarakan kegiatan Rakernis, sebagai upaya untuk melakukan evaluasi kinerja dan capaian sebagai bahan menyusun langkah-langkah strategis kedepan, sehingga tahun 2023 ini target-target kerja diharapkan bisa tercapai.

“Namun program-program tidak hanya terfokus pada pencapain SPM saja, tetapi masih banyak  program lain yang tidak kalah pentingnya seperti kasus balita stunting, imunisasi, vaksinasi covid-19, peningkatan mutu fanyankes melalui akreditasi, termasuk juga pelayanan kesehatan lanjutan  ke RSUD,” tambahnya.

Diakhir acara pembukaan dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada tiga Puskesmas berkinerja terbaik di tahun 2022 dengan kriteria pencapaian SPM, Capain Realaisasi Keuangan, laporan tepat waktu dan lengkap yaitu Puskesmas Melati untuk kategori Puskesmas Perkotaan, puskesmas Tamban Baru untuk kategori Puskesmas Pedesaan dan Puskesmas Sei Hanyo untuk kategori Puskesmas Terpencil/sangat terpencil.

Seperti diketahui, rakernis yang digelar selama dua hari ini turut mengundang peserta dari 26 Puskesmas  yang terdiri dari Kepala Puskesmas, Pj Program UKM, PJ Program UKP, Labkesda, Gudang Farmasi Kesehatan dan RSUD.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *