Camat Simpang Empat Buka MTQ Tingkat Kecamatan, Ajak Sukseskan Program Pemerintah

Camat Simpang Empat, Abdul Muis, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan yang diadakan di Desa Hidayah Makmur.
Camat Simpang Empat, Abdul Muis, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan yang diadakan di Desa Hidayah Makmur.

lenterakalimantan com, TANAH BUMBU – Camat Simpang Empat, Abdul Muis, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan yang diadakan di Desa Hidayah Makmur.

Acara ini dihadiri oleh seluruh peserta dengan khidmat, diawali dengan lantunan ayat suci Alquran dan diikuti dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) turut memeriahkan acara dengan menaikkan bendera MTQ, yang menjadi simbol dimulainya kegiatan tersebut.

Bacaan Lainnya
Pembukaan dan pelepasan ratusan balon merah putih oleh Abdul Muis dan seluruh kepala desa sebagai tanda dimulainya MTQ. Acara ini digelar dari 29 Mei hingga 1 Juni 2024 di Kecamatan Simpang Empat, Tanah Bumbu.

Dalam sambutannya, Abdul Muis menyampaikan bahwa MTQ ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang rutinitas, tetapi juga menjadi barometer untuk mengukur pembelajaran Alquran di tengah masyarakat.

“Musabaqah Tilawatil Quran ini tidak hanya sekedar penyebaran syariat Islam, tapi lebih jauh diharapkan menjadi tolak ukur keberhasilan pendidikan Alquran di rumah, pondok pesantren, masjid, dan mushala,” ujarnya.

Abdul Muis juga mengajak masyarakat untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, yaitu program Satu Desa Satu Masjid (SDSM) dan gerakan mencuci kaki ibu yang dicanangkan oleh Bupati Zairullah Azhar.

“Nilai-nilai islami dan spirit Alquran harus menjadi rujukan utama dalam keluarga, lingkungan sosial, dan kehidupan berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Camat Simpang Empat menekankan pentingnya peran orang tua, tokoh agama, dan tokoh masyarakat dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam.

“Kami mengajak semua pihak untuk terus berupaya mempersiapkan qori dan qoriah terbaik untuk MTQ tingkat Kabupaten nanti,” harapnya.

Acara pembukaan diakhiri dengan pelepasan ratusan balon merah putih oleh Abdul Muis dan seluruh kepala desa sebagai tanda dimulainya MTQ. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, mulai 29 Mei hingga 1 Juni 2024, dengan 12 cabang lomba yang diikuti oleh 330 peserta dari 13 desa dan 2 kelurahan di Kecamatan Simpang Empat.

Ketua Panitia Pelaksana, Rudi Hartanto, yang juga Kepala Desa Hidayah Makmur, menyatakan bahwa anggaran pelaksanaan MTQ ini bersumber dari APBD Kabupaten Tanah Bumbu tahun anggaran 2024 melalui DPA Kantor Kecamatan Simpang Empat, serta bantuan dari donator.

“Kami berterima kasih kepada seluruh panitia, tokoh masyarakat, dan tokoh agama yang telah berperan aktif dalam menyukseskan acara ini, dan mudah – mudahan kegiatan ini dapat berjalan lancar hingga penutupan,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *