Pemkab Balangan Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-75 Proklamasi ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara Divisi IV ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Halaman Kantor Bupati Balangan. Foto: MC Balangan
Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara Divisi IV ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Halaman Kantor Bupati Balangan. Foto: MC Balangan

lenterakalimantan.com, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, menggelar upacara peringatan HUT ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara Divisi IV ALRI Pertahanan Kalimantan di halaman kantor bupati setempat, Jumat (17/5/2024).

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setda Balangan, Akhmad Fauzi, menyampaikan Proklamasi Kalimantan pada 17 Mei 1949 merupakan sebuah proklamasi yang menyatakan Kalimantan bagian yang tidak terpisahkan dari Republik Indonesia sebagai reaksi atas Perjanjian Linggarjati.

Bacaan Lainnya

“Peringatan ini merupakan momentum untuk mengingat aksi pengorbanan dari para pejuang terdahulu, dari pengorbanannya mengajarkan semangat juang dan pantang menyerah dalam ruang gerak terbatas sekalipun,” ucapnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, rasa kecintaan terhadap tanah air, menjadi kunci utama mempererat persatuan dan kesatuan dalam mewarisi kemerdekaan yang sesungguhnya tanpa membeda-bedakan ras, suku, maupun golongan.

“Dalam peringatan ini, kita dapat mengambil hikmah untuk dijadikan cerita kepada generasi muda atau anak cucu kita dalam melanjutkan perjuangan mereka, karena sejatinya bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa pahlawannya,” kata Akhmad Fauzi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setda Balangan, dengan dihadiri peserta dari ASN lingkup pemkab setempat, dari unsur TNI dan Polri, serta para pejabat lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *