Pilkada 2024, Bakal Calon Bupati HSU Didominasi Politisi

Tiga kandidat bakal calon bupati Hulu Sungai Utara. Foto: Wiratama/lenterakalimantan.com
Tiga kandidat bakal calon bupati Hulu Sungai Utara. Foto: Wiratama/lenterakalimantan.com

lenterakalimantan.com, AMUNTAI – Sejumlah bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Hulu Sungai Utara pada pilkada 2024 ini didominasi politisi.

Hal ini terbukti bahwa tercatat bakal calon bupati HSU, yaitu H Syahrujani (Ketua DPD Partai Golkar HSU), H Husairi Abdi (politisi senior PPP), H Hormansyah (juga sekretaris DPW PKB Kalsel).

Bacaan Lainnya

Ketiga kandidat bakal calon bupati HSU ini tercatat melamar dan memasukan berkas pendaftaran ke partai politik yang ada di daerah setempat.

Sedangkan untuk mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati HSU ada satu orang dari Aparatur Sipil Negara (ASN), yaitu H Didi Bukhari (ASN Pemprov Kalsel pada UPTD Samsat Amuntai).

Kemudian H Hero Setiawan (Iwan Alabio) tercatat sebagai pengusaha yang bergerak di bidang perkebunan sawit dan H Arul (ketua KNPI HSU) dan juga sebagai pengusaha konstruksi di HSU.

HSU merupakan kabupaten yang secara histori adalah merupakan barometer politik di Kalsel, dan terbukti eskalasi politiknya cukup tinggi. Sehingga partai politik yang tidak membuka pendaftaran untuk bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati juga mendapat lamaran dari bakal calon.

Seperti diungkapkan oleh Ketua DPC Gerindra HSU, Erlyn Febrina, pihaknya secara khusus tidak membuka pendaftaran desk Pilkada 2024.

Namun dari catatan Gerindra, H Syahrujani dan H Husairi Abdi ada dua bakal calon bupati yang menyerahkan berkas dan dua bakal calon wakil bupati yang menyerahkan berkas, yakni H Didi Bukhari dan H Arul.

Salah satu anggota DPRD HSU, Ahmad Hairin, mengatakan bakal calon bupati dan wakil bupati yang melamar ke pihaknya di Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tetap dilakukan proses.

“Akan kami lakukan prosesnya secara administrasi dahulu, yaitu pendaftaran, setelah itu akan dilanjutkan mekanisme partai yang ada,” ujar politisi PKS ini, Sabtu (25/5/2024).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *