Selain Terangi Kota, Bupati Balangan Jangkau Penerangan Desa

Jajaran Dishub Balangan saat melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan Halong terkait program Desa Terang. Foto: Dishub Balangan
Jajaran Dishub Balangan saat melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan Halong terkait program Desa Terang. Foto: Dishub Balangan

lenterakalimantan.com, PARINGIN – Dalam upaya menata kota membangun desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, melakukan perluasan areal penerangan menjangkau desa, sesuai dengan program Bupati Balangan, Senin (27/5/2024).

Perluasan program Balangan Terang, melahirkan jangkauan Desa Terang, jika Balangan Terang lebih banyak menyasar wilayah perkotaan, program Desa Terang lebih banyak menjangkau pedesaan yang jauh dari perkotaan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dishub Balangan Musa Abdullah saat dikonfirmasi menyampaikan, pihaknya saat ini terus memperluas cakupan desa terang, sebelumnya pihaknya juga telah melakukan pemasangan lampu di Desa Mantuyan Kecamatan Halong.

“Sudah ada beberapa titik lokasi desa yang sudah dilakukan penerangan lampu jenis solar cell salah satunya berlokasi di Desa Mantuyan Kecamatan Halong, kegiatan ini merupakan bagian dari visi-misi Bupati Abdul Hadi,” ucapnya kepada lenterakalimantan.com.

Menurut Kadishub Balangan, program Desa Terang merupakan lanjutan dari program Balangan Terang, dari beberapa jari yang lalu pihaknya telah berkoordinasi ke Kecamatan Halong untuk mencari info di lokasi yang memerlukan titik penerangan.

“Kecamatan Halong termasuk kawasan yang menjadi prioritas dalam realisasi program desa terang pada tahun ini, karena memang masih banyak titik-titik gelap dan rawan yang perlu dipasangi penerangan dan tidak terjangkaunoleh program Balangan terang,” jelas, Kadishub Musa Abdullah.

Dirinya menambahkan bahwa, koordinasi merupakan hal terpenting untuk membangun komunikasi, hal ini bertujuan untuk menemukan titik lokasi yang dianggap perlu untuk dilakukan penerangan, terutama titik lokasi rawan.

“Bagi desa yang titik rawan dan gelap jauh atau tidak ada aliran listriknya maka solusinya akan dipasangi lampu jenis solar cell,” ungkapnya.

Dalam hal ini, pemerintah daerah melalui program Desa Terang, titik gelap dan titik rawan yang tidak tercover oleh program Balangan Terang, dapat dicover oleh program Desa Terang, sehingga tidak ada lagi kesan bahwa desa tersebut tertinggal atau minim penerangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *