Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Warga Tanta Bersihkan Sungai Mangkusip Tabalong

Warga setempat melakukan pembersihan sungai mangkusip di Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong. Foto: Warga Kecamatan Tanta
Warga setempat melakukan pembersihan sungai mangkusip di Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong. Foto: Warga Kecamatan Tanta

lenterakalimantan.com, TANJUNG – Memperingati hari lingkungan hidup sedunia 2024, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong mengajak puluhan warga di Kecamatan Tanta untuk bergotong royong membersihkan Sungai Mangkusip.

Diketahui DLH Tabalong menyiapkan sejumlah armada truk pengangkut sampah untuk dibawa ke TPS.

Bacaan Lainnya

Ditangani langsung oleh Camat Tanta, Ady Fajar bahwa aksi ini dilakukan untuk menjaga lingkungan supaya menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan sungai.

“Kami melakukan pembersihan Sungai Mangkusip tepatnya berlokasi di Desa Luk Bayur RT 3, Kecamatan Tanta,” ungkap Ady Fajar, Rabu (12/6/2024).

Ia menjelaskan, aksi peduli lingkungan ini hanya difokuskan di satu lokasi saja di Desa Luk Bayur RT 3 karena kondisi arus sungai yang tersumbat oleh sampah.

“Sampah yang dibersihkan mulai dari potongan bambu, semak belukar, plastik yang larut hingga menumpuk di satu titik dan mengganggu aliran sungai,” katanya.

“Untuk itu, kita fokus satu titik saja karena sudah lama tumpukan ini sampai sangat dalam ke bawah,” timpalnya.

Ady menambahkan, aksi ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

“Ini tentu positif dan memberi manfaat bagi masyarakat dan ekosistem sungai,” harapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *