Pilwali Banjarmasin; Ibnu Sina Arifin Noor Masih Unggul Suara, Kendati Kalah di PSU Oleh AnandaMu

Ibnu Sina Arifin Noor
Ibnu Sina Arifin Noor

enterakalimantan.com, BANJARMASIN – Ananda-Mushaffa Zakir (AnandaMu), unggul dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin 2020.
Berdasarkan hasil perhitungan cepat, PSU, Rabu (27/4) Pasangan calon (paslon) nomor urut 04,
unggul di tiga kelurahan tempat pelaksanaan PSU yakni Mantuil, Murung Raya dan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Dari total 80 TPS di tiga kelurahan tersebut, AnandaMu mendulang 11.837 suara. Sedangkan paslon petahana, yakni Ibnu Sina Arifin Noor mengantongi 5.018 suara.
Kemudian, disusul oleh paslon Khairul Saleh-Habib Ali dengan total 574 suara dan terakhir adalah paslon Haris Makkie-Ilham Nor dengan torehan 412 suara.

Bacaan Lainnya

Kendati kalah dalam perhitungan suara PSU secara cepat, namun paslon petahana tetap unggul jika hasilnya digabungkan dengan hasil perolehan di seluruh TPS di Banjarmasin yang tidak dibatalkan atau tidak dilaksanakan PSU Pilwali Banjarmasin.

Perolehan suara Pilwali Banjarmasin 2020 setelah ditambahkan dengan hasil PSU ini, maka Ibnu Sina-Arifin Noor meraih 89.404 suara, disusul AnandaMu dengan torehan 81.359 suara.
Kemudian, di urutan ketiga ada paslon Haris Makkie-Ilham Nor dengan 34.860 suara dan terakhir ada paslon Khairul Saleh-Habib Ali dengan 29.917 suara.

Menyikapi hasil PSU Cawali Banjarmasin Ibnu Sina, menuturkan tetap menunggu hasil penetapan dari KPU Banjarmasin. “Sudah bis kita lihat, walaupun tentu kita tetap menunggu penetapan KPU Banjarmasin,” ujar Ibnu Sina, Rabu (28/4) malam.

Dia berharap, hasil dari serangkaian proses Pilwali Banjarmasin hingga PSU ini segera selesai. “Kami berharap setelah ini tidak ada lagi gugatan-gugatan. Masyarakat sudah menunggu terlalu lama hasil ini. Mudahan proses yang berjalan sampai detik ini memberikan hasil yang terbaik untuk masyarakat Banjarmasin ke depan,” katanya.
Diapun mengaku optimis akan hasil Pilwali Banjarmasin hingga terlaksananya PSU ini.

“Yang memberikan keyakinan kepada kami adalah bahwa ini akan dihitung secara keseluruhan, kemudian diikuti oleh empat paslon,” jelasnya.

Terpenting sambung dia menyukuri tingkat partisipasi pemilih pada PSU Pilwali Banjarmasin ini mengalami peningkatan. Karena diluar dugaan partisipasi pemilih cukup tinggi. “Sungguh di liuar prediksi partisipasi pemilih meningkat menjadi 67 persen. Satu sisi juga kami bersyukuri paling tidak menambah legitimasi bahwa Pilkada Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.