Ratusan Satlinmas Kecamatan Paringin Ikuti Simulasi Tanggap Bencana

Satlinmas saat mencoba simulasi penanganan pompa alkon untuk kesiapan dalam menghadapi bencana yang ada di Kabupaten Balangan. Foto: MC Balangan
Satlinmas saat mencoba simulasi penanganan pompa alkon untuk kesiapan dalam menghadapi bencana yang ada di Kabupaten Balangan. Foto: MC Balangan

lenterakalimantan.com, PARINGIN – Untuk meningkatkan kapastitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kecamatan Paringin, Pemerintah Daerah bersama Pemerintah Kecamatan memberikan pelatihan simulasi tanggap bencana bagi ratusan Satlinmas, di Gedung Serbaguna Kecamatan Paringin, Senin (20/5/2024).

Jenis kegiatan pelatihan yang diikuti oleh Satlinmas, yakni terdiri dari pelatihan PBB serta simulasi pengoprasian mesin alkon atau pompa air yang disiagakan di desa-desa, sebagai fasilitas yang diberikan pemerintah daerah guna mengantisipasi terjadinya bencana, seperti musibah kebakaran dan penanganan karhutla.

Bacaan Lainnya

Kasi Trantib Kecamatan Paringin, Muhammad Abidin menyampaikan, pelatihan yang diadakan diikuti sebanyak 14 desa dan 2 kelurahan, dengan total peserta beejumlah 240 orang dari keanggotaan Satlinmas se-Kecamatan Paringin.

“Pelatihan ini diadakan bertujuan untuk menguji mental, melatih ketangkasan, merangsang keterampilan yang ada pada masing-masing peserta dalam kesiapan menghadapi bencana,” ucapnya.

Selain untuk melatih kesiapan dan keterampilan dalam upaya menghadapi bencana, dirinya mengatakan bahwa, kegiatan ini juga bertujuan untuk memupuk kedisiplinan anggota Satlinmas dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan sekitar.

“Satlinmas merupakan ujung tombak dari keamanan dan ketertiban lingkungan, melalui pelatihan ini diharapkan nantinya mereka memberikan kontribusi bagi desa dan lingkungannya, serta tanggap dalam menghadapi situasi apabila terjadi bencana,” pungkasnya.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politil Setda Balangan, Akhmad Fauzi menyampaikan, pelatihan yang diadakan dan diberikan bagi para peserta, hendaknya betul-betul dipahami dan bisa diajarkan kembali kepada masyarakat sebagaimana penggunaan alat yang baik dan benar dan tetap mengutamakan petunjuk keselamatan.

“Bekal pelatihan yang didapat, bisa diajarkan kembali bagi warga yang ada di desa masing-masing, sehingga nantinya hasil kerjasama yang baik akan melahirkan semangat kebersamaan serta gotongroyong dalam mengjadapi terjadinya suatu musibah,” kutip Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setda Balangan, Akhmad Fauzi, saat menyampikan sambutan dari Bupati Abdul Hadi.

Salah seorang peserta pelatihan Satlinmas dari Desa Hujan Mas, Muhammad Arsyad mengaku senang dengan adanya pelatihan ini, pelatihan yang dilaksanakan bebrapa hari ini bisa dimanfaatkan untuk memperdalam ilmu.

“Sejumlah pengetahuan yang didapat dari pelatihan ini, nantinya akan kami aplikasikan kedesa untuk dipraktekan kepada masyarakat yang ada di desa saya,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *