Bupati HST Buka Sosialisasi Gemarikan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Bupati HST H Aulia Oktafiandi saat memberikan bingkisan kepada anak-anak dalam sosialisasi Gemarikam di Kabupaten HST.
Bupati HST H Aulia Oktafiandi saat memberikan bingkisan kepada anak-anak dalam sosialisasi Gemarikam di Kabupaten HST.

lenterakalimantan.com, BARABAI – Pemkab HST melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menggelar Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati HST H Aulia Oktafiandi di Desa Wawai Kecamatan Barang Alai Selatan, Kamis (10/11/2022).

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Ahmad Fathoni melaporkan, tujuan dari kegiatan sosialisasi Gemarikan ini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan, sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, para peserta kegiatan ini terdiri dari kader Pos Yandu, guru PAUD, masyarakat Desa Wawai, dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kab HST dan Tim Penggerak PKK Kab HST.

Bupati HST H Aulia Oktafiandi mengawali sambutannya mengatakan, atas nama Pemkab HST menyambut baik dan gembira atas terlaksananya giat sosialisasi Gemarikan ini untuk mengkampanyekan dan memotivasi masyarakat mengonsumsi ikan.

Menurut Bupati Aulia, begitu banyak gizi yang terkandung di dalamnya, secara teratur dalam jumlah yang disyaratkan agar terbentuk manusia Indonesia yang sehat, cerdas dan kuat.

“Ikan merupakan makanan penting untuk dikonsumsi sejak usia dini, terutama dalam usia kehamilan bagi ibu serta janin yang di kandungnya pada 1.000 hari pertama kehidupan. Karena itulah sosialisasi GEMARIKAN ini sejalan dengan program percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten HST,” tuturnya.

Bupati Aulia berharap, agar ibu-ibu Tim Penggerak PKK dan peserta sosialisasi berperan aktif dalam menyampaikan kepada masyarakat ilmu yang didapat dari narasumber akan nilai lebih dari mengkonsumsi ikan. “Pada akhirnya menjadi budaya, dapat hidup sehat, aktif dan produktif sehingga terbentuk generasi selanjutnya yang lebih sehat, dinamis dan cerdas,” tutupnya.

Acara tersebut dirangkai dengan pemberian bingkisan kepada anak-anak berupa susu dan makanan yang bahan dasarnya dari ikan, berupa pentol ikan haruan, abon ikan haruan, amplang ikan haruan, nuget ikan haruan.

Dalam rangkaian kegiatan itu turut dihadiri Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan beserta jajaran, Camat Batang Alai Selatan beserta Forkopimcam Kecamatan BAS, Tim Penggerak PKK Kab HST, Narasumber dan peserta sosialisasi Gemarikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.