Ciptakan Keluarga Sehat, GOW Balangan Tanamkan Hidup Bersih untuk Warga Juai

Ketua GOW Balangan, Ketua TPK Kecamatan Juai dan pihak terkait lainnya, melakukan foto bersama usai kegiatan sosialisasi penerapan pola hidup bersih di Desa Marias, Kecamatan Juai. Foto: Windi/lenterakalimantan.com
Ketua GOW Balangan, Ketua TPK Kecamatan Juai dan pihak terkait lainnya, melakukan foto bersama usai kegiatan sosialisasi penerapan pola hidup bersih di Desa Marias, Kecamatan Juai. Foto: Windi/lenterakalimantan.com

lenterakalimantan.com, PARINGIN – Sebagai upaya menumbuhkan dan memupuk kesadaran warga untuk kebersihan dan kesehatan lingkungan, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Balangan, menggelar sosialisasi perilaku hidup bersih di Desa Marias, Kecamatan Juai, Selasa (11/6/2024).

Ketua GOW Balangan, Megawati Ulfah, menyampaikan sosialisasi yang diadakan merupakan sebuah upaya untuk menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Bacaan Lainnya

Hal itu guna menciptakan sebuah lingkungan yang bersih, serta didukung kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai.

“Menanamkan kesadaran tentang pola hidup bersih dan sehat, merupakan sebuah tantangan bagi kita semua, dimana kesadaran masyarakat menentukan keberlangsungan diri dan lingkungan agar terhindar dari macam penyakit,” ucapnya.

Menurut Megawati, perilaku hidup bersih merupakan peran penting dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya kita sebagai warga ataupun lingkungan, tantangan ini berlaku bagi stakeholder di lingkup Pemkab Balangan.

“Melalui peran ibu rumah tangga, diminta terkait arahan dan nasehat yang disampaikan dari sosialisasi ini, bisa diterima dan di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik bersama keluarga maupun lingkungan sebagai bagian dari budaya sehat,” ujar Ketua GOW Balangan, Megawati Ulfah.

Dia menambahkan, dari sosialisasi ini, pihaknya bekerja sama dengan Puskesmas Juai, untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan pribadi beserta lingkungan, pola makan sehat, dan penggunaan air bersih untuk mencegah penyakit, terutama pada anak-anak.

“Anak-anak sebagai generasi penerus, bisa membiasakan diri untuk menjaga kesehatan sedini mungkin, peran atau faktor lingkungan juga mempengaruhi kualitas kesadaran dan perilaku SDM dalam mengedepankan kebersihan keluarga serta Lingkungan,” pungkasnya.

Tidak jauh berbeda, disampaikan Ketua TP PKK Kecamatan Juai, Puji Hastuti bahwa, dari sosialisasi ini tentu dapat merubah lingkungan dan pola pikir warga, untuk membiasakan diri menciptakan suasana hidup bersih di keluarga, lingkungan dan masyarakat.

“Dari sasaran sosialisasi, semoga masyarakat di Desa Marias, Kecamatan Juai, bisa menerapkan pola hidup yang lebih sehat untuk keluarga, lingkungan dan masyarakat, terutama menanamkan budaya perilaku hidup sehat sedini mungkin bagi anak-anak,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *